Shopping

Tips Unik Mengatasi Sifat Gila Belanja

Tips Unik Mengatasi Sifat Gila Belanja

Semua orang tentu membutuhkan kegiatan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Namun kadar atau intensitas berbelanja setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang berbelanja dengan kadar waktu yang bisa dibilang jarang hingga ada yang berbelanja dengan kadar waktu yang bisa dibilang sangat berlebihan. Dimana mereka yang memiliki kadar waktu berbelanja yang berlebihan ini juga seringkali disebut sebagai orang yang memiliki sifat gila belanja. Bahkan menurut beberapa penelitian, mereka yang gila belanja akan memiliki ketergantungan yang begitu tinggi terhadap kegiatan belanja. Bahkan mood atau kebahagiaan mereka akan sangat tergantung dengan intensitas dari kegiatan belanja mereka. Semakin sering mereka melakukan belanja maka akan semakin bahagia juga perasaan yang mereka rasakan. Sebaliknya, semakin jarang mereka berbelanja maka perasaan bahagia menjadi sulit untuk bisa mereka dapatkan. Sehingga tidak heran apabila kegiatan belanja telah masuk ke daftar kebutuhan dari mereka. Namun seperti yang diketahui segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentunya akan menghasilkan sesuatu yang tidak baik pula. Hal yang sama juga berlaku untuk mereka yang memiliki sifat belanja. Mulai dari menguras tabungan, membuang waktu secara sia-sia hingga tidak memanfaatkan barang yang ada. Namun banyak orang yang memiliki sifat belanja yang kesulitan untuk bisa menghentikan kebiasaan mereka yang satu ini. Tapi tenang saja, berikut ini akan dijelaskan tips unik mengatasi sifat belanja.

sponsor: kezia skin expert.

  1. Pasang List Kebutuhan

Tips Unik Mengatasi Sifat Gila Belanja

Tips unik pertama yang bisa dilakukan oleh mereka yang gila belanja adalah dengan memasang list kebutuhan. Dimana seperti yang diketahui bahwa mereka yang memiliki sifat belanja biasanya lebih banyak membelanjakan barang-barang yang menjadi keinginan mereka daripada kebutuhan mereka. Untuk itulah, gunanya memasang list kebutuhan. Dimana list kebutuhan ini sendiri terdiri dari berbagai hal mendesak yang harus dipenuhi. Mulai dari membayar pajak, listrik, makanan, tempat tinggal maupun kebutuhan mendesak lainnya. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui bahwa uang yang dimiliki lebih pantas untuk dimasukan ke dalam kantong list kebutuhan itu sendiri. Namun masih banyak juga yang tetap memiliki sifat gila belanja dengan alasan bahwa mereka sudah memenuhi list kebutuhan tersebut. Padahal hal tersebut bisa dihentikan dengan cara mengalihkan sisa uang tersebut untuk menabung. Sudah bukan rahasia lagi bahwa uang pada tabungan seringkali membantu pada keadaan atau moment yang tidak terduga. Sesuatu yang pastinya akan dibutuhkan dan tidak bisa diantisipasi oleh mereka yang terus mengikuti sifat belanja mereka. Untuk itulah, pentingnya menabung juga harus masuk ke dalam prioritas utama. Bahkan kalau perlu, menabung ada berada di list pertama dari semua kebutuhan. Apabila post tersebut sudah dipenuhi barulah bisa mengalihkan pendapatan pada post lainnya.

  1. Buat Pengingat Kemungkinan Terburuk

Tips Unik Mengatasi Sifat Gila Belanja

Tidak ada satupun manusia yang bisa menebak apa yang bakal terjadi di masa mendatang. Bahkan satu detik ke depan pun tidak ada yang bisa menduganya. Bukan hanya kebahagiaan yang bisa terjadi namun musibah yang tidak diinginkan pun bisa terjadi. Disinilah pentingnya sifat untuk mawas diri sekaligus antisipasi. Sesuatu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menghentikan sifat mereka yang gila belanja. Yakni dengan membuat semacam pengingat akan berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dalam hidup. Mulai dari kecelakaan hingga penyakit yang menyerang. Dimana hal buruk tersebut tentunya membutuhkan dana untuk mengatasinya. Biasanya dana yang dibutuhkan untuk mengatasi hal buruk tersebut tidaklah sedikit. Sehingga dengan mengingat berbagai kemungkinan buruk tersebut pastinya perlahan akan menghentikan nafsu belanja dari si gila belanja. Karena membuat sadar bahwa hidup di dunia ini tidak akan pernah cukup untuk bersenang-senang semata. Bahwa masih ada banyak hal lainnya yang perlu dipikirkan bahkan kalau perlu dikhawatirkan. Tidak terkecuali mulai untuk mengalihkan dana belanja berlebihan pada asuransi atau post lainnya yang bisa membantu. Membantu dalam artian ketika kita sedang berada dalam kondisi buruk bahkan mungkin terpuruk. Maka akan ada dana atau uang yang bisa digunakan untuk mengatasi kemungkinan buruk tersebut. Jangan sampai dana yang dimiliki dihambur-hamburkan untuk memenuhi nafsu belanja semata. Yang seperti diketahui tidak akan pernah ada habisnya.

  1. Memasang Foto Kaum Tak Punya

Tips Unik Mengatasi Sifat Gila Belanja

Tips unik terakhir yang bisa dilakukan untuk menghentikan sifat gila belanja adalah memasang foto yang bisa dilihat kapan saja. Dimana foto ini bukan biasa namun foto kaum tak punya. Mulai dari mereka yang hidup mengemis hingga mereka yang tidak memiliki tempat tinggal. Hal tersebut dilakukan semata-mata bukan hanya untuk membuat hati terenyuh namun juga untuk membuat diri lebih pintar bersyukur. Bersyukur bahwa di luar sana masih banyak orang yang beruntung. Jadi apabila ada niat belanja berlebihan mulai muncul maka melihat foto kaum tak punya tersebut bisa menjadi obat terampuhnya. Bahwa membelanjakan uang secara berlebihan pada hal yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan sama saja tidak bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Sesuatu yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang.

Berbelanja sebanyak atau seintens apapun memang hak setiap orang. Namun tentunya dengan batas kewajaran yang harus dipertahankan. Agar nantinya sifat gila belanja tidak dimiliki dan lebih bersyukur terhadap apa yang dipunya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top