Career Tips

Tips Mengajukan Resign yang Baik

Pekerjaan memang seperti jodoh yang tak bisa untuk dipaksakan. Ketika sudah mulai tak nyaman atau menemukan segala sesuatu yang sudah tidak berjalan dengan baik maka resgin menjadi salah satu cara yang paling aman. Resign atau mengundurkan diri memang bukanlah perkara yang mudah dan gampang seperti apa yang sudah umum untuk dibayangkan. Resign akan menjadi perkara yang sulit dan bahkan bisa menimbulkan konflik baik itu dalam diri sendiri anda sendiri ataupun konflik yang kemudian muncul dilingkungan kerja anda. Hal ini tentu saja harus segera untuk anda atasi dengan memperhatikan beragam hal penting yang kemudian membuat anda bisa untuk resign atau keluar dari perusahaan tempat anda kerja saat ini dengan nyaman.

Sponsored by: produk pemutih wajah

tips-mengajukan-resign-yang-baik

Jika anda sudah memiliki alasan dan juga planning untuk segera keluar dari perusahaan anda, berikutnya anda tinggal memantapkan langkah dan niat anda dengan mengikuti beberapa Tips Mengajukan Resign yang Baik berikut ini. Dengan memperhatikan hal tersebut, pastinya akan semakin membuat anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan terhindar dari rasa bersalah karena anda harus keluar dari perusahan yang selama ini anda tempati. Dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini juga akan membantu anda untuk mendapatkan ketenangan dan menghindari beragam konflik yang mungkin saja bisa timbul ketika anda memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tempat anda bekerja. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengajukan resign dengan cara yang baik.

1. Rahasiakan Rencana Resign

Saat anda memutuskan untuk segera ingin keluar dari kantor atau perusahana tempat anda bekerja, jangan sampai hal ini langsung anda sebarkan dan anda bicarakan dengan teman-teman anda terutama teman kantor. Saat berita ini langsung anda terima, dan menyebar di seluruh teman lingkungan kerja anda maka berikutnya berita ini juga akan dengan mudahnya untuk tersebar diseluruh kantor. Hal ini tentu saja mengingat jika satu berita saja bisa dengan sangat mudahnya untuk tersebar diseluruh lingkungan kantor. Hal ini bisa sangat berbahaya, apalagi jika gossip ini ditambahi dengan berbagai hal yang membuatnya menjadi berlebihan dan cenderung menjadi hal yang kurang baik. Jika berita tersebut sampai ke telinga atasan pasti dong Anda malah justru akan lebih kaku dan membuat situasi menjadi lebih runyam. Oleh karena itu, simpan baik-baik rencana tersebut hingga segalanya sudah benar atau hingga saat anda sudah mengajukan resign ke atasan.

2. Tunggu Waktu yang Tepat

Dalam mengundurkan diri dari satu perusahaan memang membutuhkan pertimbangan hingga menunggu waktu yang tepat untuk mengajukan resign. Ingat, perusahaan sudah sangat baik untuk menerima anda ditempat mereka, oleh karena itulah anda juga harus menghargai mereka ketika anda memutuskan untuk resign dari perusahaan tempat anda bekerja. Pastikan jika anda mengajukan diri untuk keluar dari perusahaan jauh-jauh hari dan tidak dengan kondisi mendadak. Perusahaan memerlukan waktu juga untuk kemudian mengisi tempat yang tadinya anda tempati, sehingga jika anda mengundurkan diri secara mendadak justru bisa saja anda malah jsutru tidak mendapatkan persetujuan dari atasan.

3. Ikuti Aturan Kantor

Saat anda melamar dan mulai bekerja, anda pasti diharuskan untuk mengikuti seluruh aturan kantor, begitu juga ketika anda ingin mengajukan permohonan pengunduran diri. Anda juga harus mengikuti setiap langkah dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh kantor. Jangan sampai anda seolah-olah mengikuti aturan anda sendiri yang justru nanti juga akan mendapatkan titik buntu dan anda tidak bisa mengajukan diri untuk resign dari perusahaan anda. Selain itu, hal yang paling penting yang juga berhubungan dengan aturan kantor adalah paling tidak anda membuat surat pengunduran diri yang tepat. Format surat pengunduran diri haruslah menjadi hal yang wajib untuk anda perhatikan, misalnya saja format surat kepada siapa anda menujukan surat tersebut hingga mencari tahu bagaimana prosedur pengunduran diri yagn tepat akan semakin mempermudah anda dalam mengundurkan diri.

4. Selesaikan Tanggung Jawab

Saat anda masih memiliki segudang tanggung jawab terutama untuk bulan ini mulai dari tugas yang harus anda selesaikan dengan deadline tertentu ada baiknya bagi anda untuk menyelesaikan segala tugas terlebih dahulu. Dengan menyelesaikan segala tugas yang sudah diberikan dan juga sudah dijelaskan tentang waktu untuk menyelesaikan tugas anda sebelum resign, maka berarti anda menunjukan diri jika anda merupakan pegawai yang memang profesional untuk pekerjaan dan tanggung jawab anda. Dengan tugas yang terselesaikan anda tidak akan mendapatkan penghalang lagi dan akan lebih memuluskan jalan anda untuk segera resign dari tempat kerja anda.

5. Lihat Situasi Atasan

Nah, cara yang satu ini juga penting untuk Anda perhatikan. Dalam menyampaikan surat pengunduran diri anda juga harus bisa mengetahui tentang kondisi dan situasi mood dar I bos anda. Upayakan anda memberikan surat pengunduran diri langsung kepada bos anda dan bukan lewat sekretarisna karena hal ini jauh lebih sopan dan anda juga bisa menyampaikan segala alasan yang melatar belakangi anda keluar dari perusahaan tersbut. Saat bertemu pastikan jika kondisi atasan sedang dalam baik. Hal ini tentu saja bertujuan jika bos sedang dalam keadaan yang baik akan membuat bos anda lebih baik dan membuatnya lebih menerima segala keputusan anda untuk hengkang dari perusahaannya.

Dengan melakukan beberapa Tips Mengajukan Resign yang Baik diatas tentunya akan semakin membuat anda mendapatkan kondisi yang lebih baik dan memiliki alasan yang tepat untuk resign. Proses resign anda pun akan semakin mudah tanpa harus khawatir jika ditolak ataupun menimbulkan konflik di perusahaan anda. Dengan cara ini tentunya semakin emmbuat anda mendapatkan posisi kerja terbaik untuk anda.

Baca juga: Tips Menjadi Pengusaha Wanita Sukses

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top