Travelling

Tips Liburan Saat Sedang Haid

Tips Liburan Saat Sedang Haid

Memutuskan pergi berlibr saat sedang haid, mengapa tidak? Meskipun kamu sedang di masa-masa haid, paling malas melakukan sesuatu terlebih saat bepegian. Tetapi, jika jadwal liburan sudah tiba dan ternyata masa haid kamu datang, hal itu jelas tidak bisa ditunda terutama bila sudah memesan tiket atau ada janji dengan orang lain. Dan rencana liburan ke tempat seru masih bisa dilakukan meskipun datang bulan tiba. Berikut tips liburan saat sedang haid agar tetap seru dan bebas boring.

Sponsor: cream perawatan wajah

Tips Liburan Saat Sedang Haid

  • Membawa sarung pantai kapanpun dan kemanapun

Mmebawa sarung pantai bisa membantu kamu disaat tempat yang dikunjungi tidak ada semak atau ruangan untuk mengganti pembalut. Tentu hal ini akan membuat kamu kerepotan terutama saat haid tiba di hari pertama. Cara menggunakan sarung pantai cukup mudah, yaitu dengan melingkarkan sarung di sekitar pinggang dan ikat denga kuat. Sarung pantai akan membantu membuat ruang pribadi kecil untuk kamu mengganti pembalut dengan mudah tanpa terlihat orang. Cara ini akan membantu disaat tidak ada sama sekali tempat.

  • Persiapkan “Alat Ganti”

Saat liburan kondisi tertentu yang tak terduga bisa saja tiba seperti waktu yang singkat atau ruangan yang sempit dan gelap. Dan pada kondisi tertentu itulah kamu bisa mempersiapkan lebih awal apa yang bisa dibawa terutama alat ganti. Persiapkan alat ganti jauh hari sejak masih berada dirumah. Pertama siapkan pembalut underwear dan rekatkan pada celana dalam yang bersih sebagai pengganti. Lipat rapi dan simpan di tas atau wadah khusus yang bersih dan aman. Cara ini akan membantu disaat kamu tidak memiliki banyak waktu serta tempat yang memadai.

  • Bawa ekstra plastik.

Penting untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan terutama kebersihan pembalut. Jika kamu tidak menemukan tempat sampai untuk membuang pembalut, maka simpan terlebih dahulu dalam plastik berwarna agar tidak terlihat. Dan paling utama adalah membersihkan atau mencuci pembalut dengan air hingga bersih. Cara ini selain lebih aman juga penting dilakukan. Simpan terlebih dahulu dalam plastik hingga kamu menemukan sampah untuk membuangnya. Jangan menjadikan rasa jijik sebagai alasan kamu membuang pembalut sembarangan. Selain tidak etis juga bisa dianggap jorok.

  • Latihan fisik ringan dna tidur cukup

Saat haid melanda, beberapa anggota tubuh kadang mengalami kram dan nyeri. Oleh sebab itu kamu bisa mengurangi rasa sakit dengan cara menggerakkan kaki, berdiri atau jalan-jalan ringan saat berada diangkutan umum. Cara ini akan membantu mencegah pembekakakn kaki akibat penumpukan cairan di kaki. Selanjutnya apabila liburan kamu bisa dilakukan sambil istrirahat maka gunakan waktu tersebut untuk mendapatkan waktu berkualitas seperti tidur dan istrirahan sejenak. Meskipun tidur adalah kegiatan sederhana tetapi berpengaruh pada kondisi tubuh, mengembalikan kesegaran dna mencegah lelah dan lemas.

  • Siapkan makanan dan minuman

Kamu bisa menyiapkan camilan atau makanan yang mengandung serat dan nutrsi yang baik untuk mengganti darah yang keluar selama haid. Pilih camilan rendah lemak dan makan dalam porsi kecil. Pilihan camilan tepat bisa berupa kacang-kacangan, sayuran hijau, atau buah-buahan. Kurangi juga minuman yang mengandung kafein dan ganti dengan perbanyak minum air putih. Air putih dapat membantu menjaga kesegaran tubuh dna mencegah dehidrasi selama perjalanan. Sediakan 1-3 liter air untuk diminum setiap 3 jam.

  • Rajin Mengganti Pembalut

Paling penting adalah menyiapka perlengkapan yang memadai dan mendukung aktivitasmu selama liburan di waktu haid. Bawa perlengkapan penting yang diperlukan seperti persediaan underwear dan pembalut dalam jumlah cukup untuk bisa digunakan sebagai ganti. Siapkan juga sebotol air bersih dan hand sanitizer untuk membantu mencuci tangan setelah membersihkan dan mengganti pembalut. Terpenting adalah siapkan air bersih untuk membersihkan daerah kewanitaan sehingga kesehatan organ wanita tetap terjaga sekaligus terhindar dari bakteri dan kuman. Jaga agar organ pribadimu bebas lembab dan iritasi. Jika sudah terasa penuh, gantilah pembalut sesering mungkin. Pilih pembalut yang memiliki daya serap besar dan nyaman untuk kamu gunakan.

  • Jangan menunda waktu untuk ke toilet

Saat melakukan perjalanan liburan, kadang kita sering merasakan keinginan untuk buang air. Meskipun kamu tidak merasakan keinginan untuk pergi ke tolilet, maka selama masa haid dapat usahakan untuk tetap pergi ke toilet secara teratur. Gantilah pembalut kamu sebelum terlanjut penuh agar menghidari bocor. Terlebih jika perjalanan kamu sangat jauh dan memakan waktu lama, maka kamu tidak bisa memprediksi kapan waktu untuk pergi ke toilet. Jadi ganti pembalut jika kamu merasa tidak nyaman.

  • Membawa pakaian yang nyaman

Cara agar perjalanan kamu tetap seru meskipun sedang haid terakhir adalah membawa pakaian ganti yang nyaman digunakan. Pilih pakaian yang tidak terlalu ketat seperti jeans atau skinny yang bisa membuat daerah kewanitaan kamu terasa sakit dan lembab. Pilih pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat. Pakaian yang nyaman akan membuat kamu lebih leluasa bergerak sehingga tidak membuat tubuh terasa sesak dan ketat. Beberapa pilihan pakaian yang bisa dipakai seperti t-sirt oblong, dan celana longgar. Atau sesekali bisa memakai rok, dan sarung pantai saat berada di pantai.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top