Career Tips

Tips Bersosialiasi dengan Rekan Kerja

Berada dilingkungan yang baru membuat seseorang harus bisa beradaptasi dengan baik. Terutama jika tempat tersebut adalah tempat kerja dimana Anda harus bertemu dengan rekan-rekan kerja yang baru. Adaptasi dengan cara bersosialisasi yang baik sangat penting untuk diperhatikan sebab rekan kerja justru akan menjadi orang yang paling banyak menghabiskan waktu Anda. Paling tidak 6-8 jam perhari dan bahkan lebih Anda akan menghabiskan waktu bersama rekan kerja. Perlu Tips Bersosialiasi dengan Rekan Kerja yang tepat supaya bisa diterima dilingkungan kerja yang baru dengan mudah.

Tips Bersosialiasi dengan Rekan Kerja

Sponsored by: pemutih wajah

Dengan bersosialisasi dengan baik maka akan membuat Anda bisa menjaga hubungan yang baik dengan teman-teman sekantor Anda. Mungkin saat awal bekerja ditempat yang baru akan membuat Anda merasa canggung dengan rekan-rekan kerja kantor Anda, tetapi asalkan bisa membuka diri dan bergaul dengan baik lama kelamaan rasa canggung ini akan berubah menjadi rasa yang lebih akrab. Berikut ini berbagai cara untuk bisa bersosialisasi dengan baik dengan rekan-rekan kerja di kantor.

 1. Menyapa Lebih Dulu

Jika Anda adalah karyawan baru dikantor tersebut tentu Anda harus lebih mengalah untuk bisa menyapa terlebih dahulu dengan teman-teman baru Anda saat di kantor. Menyapa ketika berpapasan, saat di lift ataupun pada kesempatan lainnya akan memberikan kesan jika Anda adalah sosok yang ramah dan bisa bergaul dengan baik di kantor tersebut. Memulai pembicaraan terlebih dahulu juga tidak salah dimana hal ini nantinya bisa membuat Anda bisa mengobrol lebih jauh dan mengenal satu rekan dengan yang lainnya. Tetapi pastikan jika Anda tidak menganggu aktivitas bekerja mereka, jika mereka sibuk jangan pernah menganggunya karena nanti justru akan berakhir tidak baik.

2. Pelajari Budaya Kantor

Setiap perusahaan tentu memiliki budaya yang berbeda dari segi aturan dan juga pergaulan antar karyawan yang ada pada tempat tersebut. Jika masih baru sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang budaya seperti apa yang ada di kantor tersebut. Perhatikan setiap detail yang ada mulai dari bagaimana mereka bertegur sapa, berbincang dan juga bagaimana cara berkomunikasi antara karyawan dan atasan. Beragam jenis cara untuk bergaul dan berbincang antar karyawan di perusahaan yang berbeda ada yang bergaya sopan, formal ataupun juga santai. Dengan mengetahui budaya ini tentu akan menjadi lebih mudah untuk Anda bisa membaur dan bersosialisasi dengan teman kerja Anda.

3. Jangan Pilih-pilih Teman

Ketika masuk dalam situasi pekerjaan yang baru dan lingkungan kantor yang baru harus bisa juga untuk bisa berbaur dengan seluruh rekan yan gada dikantor. Tak usah pilih-pilih teman sebab hal ini malah justru akan mempersempit ruang gerak dan juga ruang pertemanan. Apalagi jika Anda adalah termasuk karyawan baru di kantor tersebut sudah mestinya untuk lebih bisa berbaur dengan seluruh orang yang ada di kantor tersebut.

4. Jangan Bergosip

Setelah beberapa hari Anda pasti sudah akan mulai untuk bisa beradaptasi dan rekan kerja Anda pun juga sudah bisa untuk mulai menerima akan diri Anda. ketika sudah pada fase ini biasanya rekan kerja lainnya sudah akan mulai untuk menunjukan satu aktivitas yang mesti dilakukan ketika jam istirahat atau waktu luang yaitu bergosip. Tak apa untuk ikut mendengarkan tetapi jangan sampai Anda juga ikut bergosip terlalu jauh sebab hal ini bisa menjadi satu hal yang menjadi boomerang bagi Anda. Meskipun anda akan jauh lebih diterima ketika ikut bergosip tapi tetap ingat jika Anda masih orang baru diperusahaan tersebut dan bisa justru menjadi hal yang kurang baik untuk Anda.

5. Hormati Rekan Kerja

Menghormati rekan kerja menjadi satu kunci utama untuk membuat Anda bisa lebih diterima dan bisa langsung berbaur dengan orang-orang atau rekan-rekan kerja Anda. Cara untuk menghormati rekan kerja dikantor adalah dengan tidak membicarakannya dibelakang, tidak mengejek hasil pekerjaannya dan jangan melakukan klaim terhadap karya dari orang lain. Dengan cara ini Anda akan lebih bisa menunjukan sikap jika memang Anda melakukan dengan hormat orang lain termasuk rekan kerja Anda dan Anda pun akan mendapatkan balasan yang sama.

6. Bina Hubungan Baik dengan Seluruh Rekan Kerja

Meskipun Anda pasti akan menemukan rekan kerja dengan sifat dan karakter yang berbeda dan bahkan mungkin ada juga yang memiliki sikap yang kurang menyenangkan tetapi jangan jadikan hal tersebut menjadi alasan bagi Anda untuk tidak bisa baik dengan rekan kerja Anda tersebut. Seburuk apapun rekan kerja ,tetap bina hubungan yang baik dengan mereka sebab Anda tak mungkin bisa pilih-pilih rekan kerja di kantor. Dengan hubungan yang baik kepada seluruh rekan kerja, akan membuat hubungan Anda menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Berbagai cara dan tips diatas bisa Anda praktekkan saat pertama kali Anda harus masuk ke tempat kerja yang baru. Adaptasi dan juga pengenalan terhadap lingkungan dan teman baru menjadi hal penting untuk membuat kantor menjadi lebih nyaman dan bisa menjalani pekerjaan dengan baik. Rekan kerja adalah bagian dari keseharian Anda dimana justru Anda akan menghabiskan banyak waktu dengan mereka. Oleh karena itu bersosialisasi yang baik maka Anda akan mendapatkan suasana pekerjaan  yang kondusif dan menyenangkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top