Info Kedokteran

Pemicu Diabetes Yang Tak Kita Disadari

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang dewasa ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Sayangnya banyak dari kita yang mengabaikannya. Indonesia tercatat menjadi salah satu negara dengan jumlah korban meninggal karena penyakit diabetes cukup tinggi di dunia. Perlu diketahui bahwa diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula dalam tubuh yang cukup tinggi dan jauh di atas kandungan normal. Meskipun glukosa atau kadar gula penting untuk tubuh, namun kadar yang terlalu tinggi akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil. Ada pameo yang salah di masyarakat yang mengatakan bahwa diabetes adalah penyakit turunan. Meskipun seseorang memiliki gen diabetes, ia belum tentu terserang penyakit ini karena ada beberapa faktor pemicu diabetes yang tak kita disadari selama ini.  Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini agar kita bisa terhindar.

Pemicu Diabetes Yang Tak Kita Disadari.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Ukuran pinggang yang terlalu besar

Memang benar jika penyakit diabetes sangat dekat dan berhubungan dengan berat badan serta bentuk tubuh. Nah, salah satu faktor pemicu dari penyakit diabetes yang tidak disadari adalah bentuk pinggang yang mulai melebar. Seringkali, bentuk pinggang yang lebar ini tidak pernah dihiraukan oleh seseorang dan dianggap sebagai sesuatu yang biasa karena efek konsumsi saja. Namun, perlu diketahui bahwa bentuk pinggang yang terlalu lebar dikarenakan adanya lemak yang menumpuk dan dapat memicu diabetes. Seorang wanita akan memiliki resiko diabetes lebih besar jika memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm dan pria memiliki resiko lebih besar dengan ukuran lingkar pinggang 90 cm. Sebagai solusi, sebaiknya Anda mulai mengatur pola konsumsi harian Anda. Jika dibutuhkan, diet ketat merupakan salah satu cara yang bisa Anda pilih.

  1. Porsi tidur yang tidak teratur

Selalu menyelesaikan pekerjaan larut malam karena deadline atau sering begadang hanya demi berkumpul dengan teman-teman merupakan salah satu hal yang sebenarnya sangat buruk jika dilakukan. Kurang tidur merupakan salah satu pemicu diabetes yang sayangnya kurang diperhatikan oleh masyarakat umum. Jika Anda terbiasa tidur kurang dari 5 jam setiap hari, maka Anda akan memiliki resiko diabetes dua kali lipat daripada seseorang yang tidur 7-8 jam setiap hari. Nah, mulai sekarang, ubah pola tidur Anda. Pastikan bahwa jam tidur Anda sudah lebih baik daripada sebelumnya. Dengan jam tidur yang lebih panjang, tentu saja Anda akan nampak lebih segar dan bugar setiap pagi.

  1. Sering melewatkan rutinitas sarapan

Apakah Anda merupakan seseorang yang sering melewatkan sarapan setiap hari? Nah, mulai sekarang, Anda harus mengubah kebiasaan ini. Bagi beberapa orang yang terlampau sibuk karena pekerjaan, sarapan dianggap menjadi sesuatu yang tidak penting. Padahal, sarapan adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan setiap hari karena merupakan sumber energi untuk membantu Anda melakukan seluruh aktivitas dengan lancar. Nah, lantas apa hubungannya melewatkan sarapan dengan diabetes? Seseorang yang melewatkan sarapan akan memiliki kondisi tubuh yang lemah. Efeknya adalah mereka akan lebih sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis untuk mendapatkan kesegaran yang lebih. Konsumsi makanan manis yang berlebihan inilah yang akan meningkatkan gula darah meningkat dengan tiba-tiba.

  1. Mengkonsumsi mie terlalu sering

Terkadang, malas memasak sering menyebabkan seseorang mengkonsumsi mie instan lebih sering daripada biasanya. Rasa mie instan yang cukup enak serta harganya yang murah tentu membuat Anda menjadi tergoda untuk mengkonsumsinya. Sayangnya, konsumsi mie instan yang terlalu sering merupakan salah satu pemicu masalah diabetes dan masyarakat sering abai akan hal ini. Mie, selain mengandung banyak MSG pada bumbunya, terbuat dari tepung yang memiliki kadar karbohidrat yang lumayan tinggi. Kadar karbohidrat memang diperlukan tubuh untuk menghasilkan tenaga namun jumlah yang terlalu tinggi dapat memicu perkembangan insulin yang berakibat pada meningkatnya kadar gula darah. Untuk konsumsi yang aman, sebaiknya Anda mengkonsumsi mie instan minimal 3 hari sekali.

  1. Jarang melakukan kegiatan olahraga

Tidak dipungkiri bahwa olahraga adalah salah satu hal yang sangat penting dan efektif untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Olahraga yang kita lakukan tentu saja dapat diandalkan untuk membakar kalori serta lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Telah disinggung sebelumnya bahwa tumpukan lemak di pinggang merupakan salah satu pemicu diabetes. Seharusnya, konsumsi makanan yang banyak harus dibarengi dengan olahraga yang teratur agar pembakaran lemak di dalam tubuh dapat berlangsung dengan sangat efektif. Cobalah untuk melakukan olahraga yang mudah secara rutin, seperti bersepeda, jogging, ataupun senam dan rasakan perubahan dalam tubuh anda.

Beberapa faktor pemicu penyakit diabetes sebagaimana dijelaskan di atas tentu saja harus menjadi perhatian Anda untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat setiap hari. Dengan mengetahui faktor pemicu diabetes tersebut, tentu saja Anda akan menjadi lebih mawas diri dalam usaha Anda menjaga kesehatan tubuh. Lakukan beberapa solusi yang diberikan di masing-masing poin dengan teratur. Jika diperlukan, atau ketika Anda sudah memiliki riwayat penyakit diabetes sebelumnya, melakukan medical check up secara rutin untuk mengetaihui kondisi riil tubuh Anda adalah salah satu hal penting untuk dilakukan. Bukankah kesehatan adalah hal pertama yang harus selalu kita jaga?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top