Olahraga

Panduan Teknik Tinju Untuk Pemula Yang Bisa DiLakukan Di Rumah

Panduan Teknik Tinju Untuk Pemula Yang Bisa DiLakukan Di Rumah

Tinju merupakan salah satiu jenis olahraga yang banyak membutuhakan tenaga untuk melakukannya, Hal ini karena tinju sangat identik dengan pukulan-pukulan yang sangat keras serta membutuhkan fisik yang benar-benar prima. Dahulu kala tinju hanya dilakukan oleh para kaum pria saja, akan tetapi seiring perkembangan zaman tinju bukan hanya milik kaum pria saja tetapi sekarang banyak dilakukan oleh kaum wanita sehingga mereka lebih rajin menekuni olahraga ini.

panduan teknik tinju untuk pemula

Sponsor: halojasa

Jika Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk melakukan olahraga ini pastinya dibutuhkan seorang pelatih yang sangat professional dan pintar dalam segi teknik penguasaan ilmu. Namun sebagai permulaan atau dasar jika Anda ingin belajar tinju tidak ada salahnya Anda mencoba sedikit gerakan-gerakan dasar bagi para pemula yang dapat dilakukan dirumah. Berikut disajikan apa saja panduan teknik tinju untuk pemula yang bisa dilakukan di rumah.

 

  • Teknik Dasar Pukulan Jab

Teknik dasar dalam gerakan tinju merupakan teknik yang harus dikuasai dan dilakukan agar mampu menggunakan berbagai tekni tinju lainnya. Untuk dapat melakukan tekni dasar, maka pertama gerakan tinju yang dapat Anda lakukan di rumah adalah gerakan memukul atau pukulan jab. Pukulan jab sendiri adalah pukulan pendek dan untuk memaksimalkannya biasanya para petinju professional akan memilin lengan dan pergelangan tangan sebelum kontak langdung dengan lawan bermainnya. Untuk bisa memulainya, pertama buat posisi tangan ketika melakukan pukulan ini adalah bagian tangan terlemah berada di depan untuk menghalau lawan serta tangan yang kuat berada di belakang yang siap untuk memukul. Agar pukulan jab lebih maksimal Anda bisa memilin pergelangan tangan lebih dahulu sebelum memukul.

Panduan Teknik Tinju Untuk Pemula Yang Bisa DiLakukan Di Rumah

  • Pukulan Silang

Gerakan yang selanjutnya adalah pukulan menyilang. Untuk bisa melakukan pukulan ini diperlukan tangan yang lebih kuat dengan posisi gerakan yang lebih ke atas dan menyilang melingkari tubuh. Berbeda dengan jab yang lurus pukulan menyilang ini dilakukan dengan memukul seperti akan melingkarkan tangan pada tubuh lawan. Gunakan bahu Anda untuk membantu memberikan tanaga saat akan melakukan pukulan silang.

Panduan Teknik Tinju Untuk Pemula Yang Bisa DiLakukan Di Rumah

  • Pukulan Hook

Pukulan jenis ini berguna untuk menyerang lawan ketika lengah dan biasanya digunakan untuk memukul kepada bagian-bagian tubuh lawan yang tidak terlindungi. Pukulan Hook biasanya mengarah ke bagian kepada. Karena pukulan ini mengarah pada bagian-bagian tubuh yang tidak terlindung Anda sangat rentan mengalami pukulan balasan yang sama oleh lawan. Gerakan yang dilakukan oleh pukulan ini lebih banyak menyamping dengan menekuk lengan ke bagian siku dan lakukan sejajar dengan dada Anda.

Panduan Teknik Tinju Untuk Pemula Yang Bisa DiLakukan Di Rumah

  • Pukulan Upper cut

Pukulan dasar yang bisa dilatih dan dipelajari di rumah adalah pukulan upper cut. Upper cut juga merpakan pukulan pendek yang mana dalam latihan tinju, pukulan ini merupakan salah satu pukulan andalan yang bisa membuat lawannya KO. Untuk melakukan pukulan ini dipetrlukan tangan yang lebih kuat dengan cara mengarahkannya ke atas. Biasanya pukulan ini mengarah pada perut atau dagu. Karena sangat kuat terkadang lawan dapat langsung terkapar ketika mendapatkan pukulan ini.

  Panduan Teknik Tinju Untuk Pemula Yang Bisa DiLakukan Di Rumah

  • Pukulan Kombinasi

Teknik pukulan dasar yang bisa Anda pelajari dirumah adalah pukulan kombinasi. Setelah menguasai teknik-teknik pukulan di atas langkah yang dapat Anda lakukan adalah membuat gerakan kombinasi dari beberapa pukulan sekali main. Gerakan kombinasi yang banyak dipakai oleh para petinju profesional atau atlet petinju. Beberapa gerakan kombinasi sekali main adalah memakai gerakan 1 dan 2. Gerakan meliputi 1 kali gerakan jab dan diikuti oleh 2 kali pukulan silang. Anda dapat mengkreasikan gerakan kombinasi tersendiri sesuai yang Anda inginkan. Lakukan pukulan kombinasi sebisa yang Anda mampu dan lakukan secara intens agar hasilnya maksimal.

panduan teknik tinju untuk pemula

Tips Berlatih Tinju Di Rumah:

Setelah mengetahui beberapa teknik pukulan tinju, jika Anda berkeinginan melakukan latihan jangan lupa untuk mengikuti tips agar latihan bisa berjalan lancar dan aman. Anda bisa melilitkan tangan dengan selotip setiap kali akan berlartih. Persiapkan alat yang bisa digunakan yaitu sarung tangan, celana pendek, bila perlu pelindung kepala dan sepatu tinju. Jangan lupa latih gerakan secara tekun dan komprehensif minimal 3-6 bulan. Anda juga bisa memilih latihan interval,  latihan inti agar kekuatan tubuh dan otot dapat maksimal, dan tambah dengan latihan beban untuk membantu memaksimalkan kekuatan dan pukulan.

Sebelum berlatih pukulan, jangan lupa untuk mempelajar kuda-kuda agar mampu melepaskan tenaga dan kecepatan. Meski hanya sekedar latihan dan bukan untuk petarung, tinju bisa membantu kekuatan otot dan tulang Anda. Dengan begitu, Anda bisa melatih kekuatan fisik sehingga tetap bugar sepanjang hari. Jika Anda belum puas dengan tentang teknik memukul di dalam tinju sederhana, Anda juga bisa mempelajari berbagai teknik lainnya misalnya bagaimana cara untuk menangkis pukulan, menghindari lawan, memblokir pukulan, naik turun atau berkelit-kelit.

Cara-cara tersebut perlu untuk dilakukan karena di dalam tinju bukan hanya tentang bagaimana cara memukul saja akan tetapi juga diperlukan gerakan-gerakan lainnya untuk mengimbangi lawan dan menghemat tenaga. Jika Anda rasa masih kesulitan dalam berlatih pukulan tinju di rumah, bisa coba memilih cara lain yaitu menggunakan jasa trainer tinju sebagai alternatif  berikutnya.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top