Parenting Info

Mengatasi Dahak Saat Anak Batuk Pilek

Batuk atau pilek yang disertai dengan dahak bisa menjadi satu hal yang sangat menganggu bagi anak. Ia akan merasa tidak nyaman bahkan juga mengalami gangguan saat bernafas yang akan membuat anak menjadi rewel. Terutama bagi anak berumur dibawah 1 tahun tentu hal ini juga akan menjadi masalah tersendiri yang membuat anak menjadi begitu rewel. Hal ini jika tidak diatasi dengan cara yang tepat dan cepat tentu akan membuat anak terlalu lama menghadapi masalah gangguan pernapasan yang mungkin akan menganggu selama berhari-hari. Pasti mama tidak akan tega jika melihat anak tergulai lemas dan merasa tidak enak badan hanya karena dahak yang menempel pada bagian tenggorokan.

Sponsored by: cream perawatan wajah

Mengatasi Dahak Saat Anak Batuk Pilek

Mama harus bisa mengatasi dahak saat anak batuk pilek dengan benar supaya anak tidak mengalami gangguan pernapasan hingga waktu berhari-hari. Mungkin jika anak sudah cukup umur dan bisa diberikan perintah dan arahan bagaimana mengeluarkan dahak, akan menjadi satu hal yang lumayan membantu spaya dahak tidak terlalu lama tersangkut di tenggorokan. Namun beda halnya, jika anak masih berusia dini dimana anak belum bisa untuk mengeluarkan dahaknya sendiri. Mama bisa membantu dengan beberapa cara seperti berikut ini supaya anak bisa kembali sehat dan bisa lancar lagi untuk mengkonsumsi makanan ataupun ASI. Berikut ini cara tepat mengatasi dahak saat anak batuk pilek supaya anak kembali dalam kondisi yang sehat.

1. Menghindari Lingkungan yang Kotor

Saat tenggorokan mengalami kondisi yang berdahak maka tubuh akan sangat sensitive akan berbagai hal tak terkecuali dengan udara rokok ataupun berbagai macam asap yang sangat kotor. Selain memperparah dahak yang terjadi pada anak, kondisi lingkungan yang tidak baik dan juga sangat kotor hanya akan membuat batuk pada anak menjadi lebih parah dan membuat anak semakin tidak nyaman dengan kondisi badannya. Mama bisa memberikan masker pada anak yang sedang batuk supaya batuk pada anak tidak terus menerus terjadi dan membuat anak bisa menjadi lebih sehat lagi.

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Anda harus memberikan asupan air putih yang cukup untuk anak anda. Namun yang menjadi catatan adalah, anda harus memberikan anak air putih yang hangat supaya bisa lebih mudah untuk ditelan dan dicerna oleh anak. Air hangat ini juga akan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman dan tidak gatal karena saat batuk biasanya masalah tenggorokan akan menjadi masalah yang sangat menganggu dan tidak nyaman bagi anak. Namun jika anak malah justu mengalami muntak setelah diberi air hangat maka kemudian mama bisa memberikan jeda sedikit dan baru memberikan minum air putih lagi untuk anak.

3. Menggosok dengan Bawang Merah

Membuat anak nyaman terutama pada bagian tenggorokan tentu sangat dibutuhkan ketika anak terserang sakit batuk ataupun pilek. Apalagi jika diimbangi dengan dahak yang bisa menimbulkan satu masalah tersendiri dan membuat anak tidak nyaman sama sekali. mengatasi dahak saat anak batuk pilek bisa menggunakan bahan alami yaitu bawang merah untuk membuat tenggorokan dalam kondisi yang hangat dan membuat dahak segera keluar dari tenggorokan. Caranya adalah hanya dengan membelah bawang merah menjadi dua bagian kemudian gosokkan pada leher anak. Lakukan dengan lembut dan biarkan untuk beberapa saat dimana hal ini membuat anak akan menjadi lebih hangat.

4. Berikan Makanan yang Hangat

Makanan ataupun minuman yang hangat memang sangat membantu untuk membuat dahak menjadi lebih encer kemudian bisa dikeluarkan dari tenggorokan anak dengan sangat mudah. Mama juga bisa memberikan berbagai kuah hangat yang tadinya kental bisa menjadi lebih mencair yang tentunya akan membuat anak kemudian bisa lebih enteng dengan dahak yang sudah keluar. Memberikan ASI, air putih hangat, jus buah atuapun sup juga akan membuat tenggorokan menjadi lebih baik dan membuat dahak menjadi lebih encer lagi.

5. Hangatkan Tubuh Anak

Pilek, batuk atuapun saat berdahak tentunya membutuhkan kehangatan yang baik. Mama bisa memberikan kehangatan pada anak dengan cara yang alami. Jika anak masih dalam usia bayi kemudian mama bisa untuk mengajak anak berjemur dibawah sinar matarahi pada pukul 06.30 – 07.00. Cara ini akan membuat anak mendaptkan tubuh yang sehat dan juga hangat. Menghangatkan tubuh pada bagian dada atuapun tenggorokan akan membuat anak terhindar dari berbagai penyakit terutama untuk mengeluarkan dahak. Namun yang harus menjadi catatan adalah, mama harus memastikan jika tempat berjemur meruapkan tempat yang terhindar dari udara yang kotor ataupun udara yang kurang bersih. Mama juga bisa memberikannya masker dan penutup mata untuk menghindari udara yang kurang sehat.

6. Menggunakan Terapi Uap

Terapi uap ini bisa mama buat dengan cara yang sangat mudah. Siapkan baskom yang berisi air hangat dan juga minyak kayu putih yang dituangkan dengan jumlah secukupnya. Setelah itu uapkan bayi dengan cara dekatkan anak pada baskom tersebut. Biarkan anak menghirup atau dengan cara menguapkan pada bagian wajahnya. Hal ini sangat membantu untuk membuka saluran pernapasan dan juga membantu dahak supaya bisa keluar dengan lebih mudah. Mama tetap harus memperhatikan jangan sampai anak terkena baskom panasnya tersebut.

Dengan cara ini maka mama bisa mengurangi dahak dan juga mengusir dahak yang ada pada anak. Dahak memang menjadi satu hal yang sangat menganggu ketika anak sedang mengalami sakit batuk atuapun pilek. Asalkan dahak bisa keluar maka anak akan merasa lebih baik dan juga tidak rewel lagi. Dahak yang sudah keluar juga akan menjadikan anak lebih sehat lagi.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top