Manfaat Tanaman

Manfaat Tanaman Dan Biji Jarak Merah

Jarak merah merupakan salah satu tanaman yang sejak dulu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengcover beragam kebutuhannya. Hampir semua bagian dari tanaman yang satu ini, mulai dari buah, akar, getah, dan daunnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan beragam manfaat ini, tentu saja membudidayakan jarak adalah salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Sebelum membahas manfaat dari tanaman ini, Anda tentu ingin tahu bukan tentang apa saja kandungan dari tanaman ini? Nah, getah tanaman jarak mengandung flavonoid dan saponin yang bersifat anti jamur. Sedang daun jarak mengandung beragam senyawa, seperti sitosterol, amirin, teraksol, dan lainnya. Selain itu, ampas dari biji jarak mengandung fosfat dan kalium. Dengan senyawa yang ada, banyak sekali manfaat tanaman dan biji jarak merah terutama untuk kesehatan yang akan membawa Anda pada tubuh yang lebih sehat dan prima. Mari kita simak beberapa ulasan mengenai manfaat dari tanaman tersebut di bawah ini.

Manfaat Tanaman Dan Biji Jarak Merah.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Mengatasi keputihan di lidah bayi

Jika Anda sedang menyusui bayi, tentu Anda pernah melihat terjadinya keputihan pada langit-langit lidah bayi Anda. Nah, keputihan yang terjadi ini sebenarnya merupakan bentuk iritasi dari kulit bayi yang masih tipis dan sangat sensitive. Keputihan yang terjadi akan menyebabkan bayi menjadi enggan untuk menyusu dan tentu berat badan bayi Anda akan menurun dengan cukup drastis. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan getah pohon jarak sebagai salah satu obat terbaik yang aman. Petik daun jarak merah di kebuh Anda. Daun yang masih segar setelah dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya. Nah, gunakan getah ini dengan mengoleskannya pada langit-langit lidah bayi Anda secara teratur, setidaknya 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Mengobati radang di telinga

Iritasi yang terjadi pada telinga tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan Anda. Radang telinga merupakan salah satu bentuk iritasi yang terjadi karena flu atau suhu tubuh yang mendadak naik. Penyebab lain dari radang ini adalah sakit pada bagian dalam telinga yang disebabkan oleh kesalahan dalam membersihkan kotoran telinga atau telinga yang kemasukan air. Nah, radang telinga yang tidak segera diobati akan cenderung lebih berbahaya dan bisa menyebabkan tuli. Untuk mengobati radang telinga ini, Anda bisa menggunakan getah dari tanaman jarak untuk obat tradisional yang manjur. Nah, ambil sekitar setengah sendok teh getah tanaman jarak merah. Teteskan sebanyak 6 tetesan pada telinga Anda yang terkena iritasi. Lakukan setidaknya 3 hingga 5 hari dan rasakan perubahan signifikan yang akan terjadi.

  1. Mengatasi gigi yang berlubang

Masalah gigi berlubang merupakan salah satu masalah yang cukup serius bagi Anda. Gigi yang berlubang akan menghambat Anda untuk mengkonsumsi makanan favorite Anda dengan nikmat. Biasanya, gigi berlubang terjadi karena serangan bakteri yang muncul dari sisa-sisa makanan yang menyempil di sela gigi. Untuk mengatasi masalah ini, tanaman jarak merah dapat diandalkan. Cara untuk mengatasi gigi berlubang dengan tanaman jarak merah tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal mengambil getah pada tanaman jarak merah tersebut dan mengoleskannya pada kapas. Tempelkan kapas yang sudah terkena getah jarak merah pada bagian gigi yang berlubang. Memang, Anda akan sedikit merasa nyeri tetapi setelah itu, Anda akan terbebas dari masalah ini.

  1. Mengobati penyakit sariawan

Selain gigi berlubang, salah satu hal yang juga mengganggu pola konsumsi harian Anda adalah sariawan. Menderita sariawan akan sangat menyiksa, karena akan memberikan rasa perih pada saat mengkonsumsi makanan. Terkadang, seorang yang memiliki sariawan pada lidah atau bibir cenderung akan malas makan karena sakit dan ia juga akan kesulitan dalam berbicara. Tentu saja hal ini sangat mengganggu aktivitas Anda. Nah, manfaat lain dari jarak merah ini adalah dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Cara pengobatannya adalah patahkan tangkai jarak yang baru saja dipetik dan segera ambil getah yang ada pada tangkai tersebut. Oleskan getah secara menyeluruh pada bagian bibir atau lidah yang terkena sariawan. Akan ada sedikit reaksi perih sebelum sariawan akan kering.

  1. Melancarkan pencernaan dan BAB

Susah BAB tentu merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu karena tubuh akan terasa tidak nyaman untuk melakukan beragam aktivitas. Seringnya merasa begah, perut yang tidak nyaman, dan lainnya merupakan efek BAB yang tidak lancar. Selain itu, BAB yang tidak lancar akan menyebabkan pencernaan menjadi kurang teratur dan perut biasanya akan lebih sering bermasalah. Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena jarak merah dapat diandalkan untuk hal ini. Dengan beragam senyawa baik, jarak merah dapat menjadi herbal yang berfungsi melancarkan BAB dan juga pencernaan Anda. Anda cukup memetik sekitar 4 helai daun jarak merah, mencucinya bersih dan merebusnya. Minum air rebusan daun ini secara teratur, setidaknya 1 hingga 2 kali sehari.

Dengan beragam manfaat yang ada, rasanya Anda harus segera menanam tanaman ini di halaman belakang rumah Anda. Tanaman jarak merah dan jadikan tanaman ini sebagai salah satu tanaman obat keluarga. Jika terjadi masalah pada diri anda, jarak merah dapat menjadi pertolongan pertama untuk diandalkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top