Makanan Kesehatan

Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makan supaya mendapatkan sumber energi yang akan dipergunakan untuk beraktivitas. Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya banyak mengandung energi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya. akan tetapi ada beberapa jenis makanan yang justru berdampak kurang baik bagi tubuh yaitu dapat menimbulkan kelelahan. Kelelahan justru akan membuat seseorang menjadi malas dan enggan untuk beraktivitas dan dapat merugikan dirinya sendiri. Berikut ini daftar makanan ini justru bisa menimbulkan kelelahan yang sebaiknya harus dihindari.

Sponsor: cream pemutih wajah

Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

  • Makanan Yang Mengandung Kafein

Zat kafein banyak ditemukan pada kopi dan juga teh. Jenis minuman yang dipercaya sebagai obat penghilang kantuk ini banyak mengandung kafein di dalamnya. Kafein dalam minuman ini jiga dikonsumsi dalam pola atau waktu yang kurang tepat justru dapat menimbulkan faktor kelelahan dalam diri seseorang. Misalnya ketika mengkonsumsi kopi pada malam hari sebelum tidur, hal ini akan membuat Anda kehilangan rasa kantuk sehingga tubuh akan mengalami kondisi susah untuk tidur dan beristirahat. Kekurangan tidur atau beristirahat dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan juga kondisi tubuh yang menjadi kurang bertenaga di pagi harinya. Jika Anda ingin mengkonsumsi kopi ada baiknya memilih waktu yang tepat seperti di pagi atau di sore hari. Jadi sebenarnya bukan senyawanya yang membuat Anda lelah namun waktu mengkonsumsinya yang bisa membuat siklous tidur jadi tidak teratur.

Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

  • Makanan Yang Mengandung Gula Tambahan

Apapun namanya, gula tambahan itu cukup berbahaya bagi tubuh. Kebanyakan orang sulit terlepas dari makanan yang mengandung gula, padahal terlalu banyak mengkonsumsinya dapat memicu dampak negatif mulai dari yang ringan hingga berat. Makanan yang banyak mengandung gula akan membuat makanan menjadi lebih manis dan juga lezat tentunya. Selain gula murni, pemanis buatan atau gula tambahan adalah masalah utama kesehatan. Berbagai bentuk makanan yang mengandung gula tambahan tersebut dapat memberikan efek tubuh yang mudah lelah. Hal ini dikarenakan gula banyak menyerap berbagai nutrisi yang akan diprosese oleh tubuh, sehingga nutrisi dari makanan yang seharusnya diubah menjadi energi hanya akan terserap oleh gula. Jika Anda salah satu penggemar makanan yang bersifat manis ada baiknya Anda mencoba menggunakan madu atau sirup sebagai pengganti gula dalam makanan Anda.

Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

  • Makanan Yang Digoreng

Hampir semua orang sangat menyukai berbagai jenis makanan yang diolah melalui proses penggorengan baik sebagai camilan maupun sebagai lauk pauk. Ada baiknya Anda juga menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak atau digoreng. Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng akan menciptakan radikal bebas di dalam makanan tersebut, dan jika dikonsumsi maka dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan dan dapat memicu munculnya sindrom kelelahan kronis (CFS). Tak hanya itu, tubuh kita dirancang untuk memproses lemak cukup lama, akibatnya tubuh akan mudah mengalami kelelahan dan ngantuk sehingga berpengaruh pada tingkat konsentrasi saat bekerja.

Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

  • Nasi Putih Dan Pasta

Nasi putih dan pasta juga merupakan salah satu jenis makanan yang memicu kelelahan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam kedua makanan tersebut mampu meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menurunkan insulin dengan cepat. Meningkatnya kadar gula dan menurunnya insulin dengan waktu yang sangat cepat dapat memberikan efek buruh bagi tubuh yakni munculnya kelelahan akibat energi dalam tubuh telah terkuras habis. Selain itu, nasi putih hanya mengandung karbohidrat sederhana, artinya energi yang didapat setelah mengkonsumsinya tidak akan bertahan lama, dan menjadi penyebab tubuh mudah mengalami lemas. Ada baiknya Anda mengurangi konsumsi nasi dan juga pasta, dan mengganti kedua bahan tersebut dengan makanan yang banyak mengandung serat alami seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian agar kadar gula dalam tubuh Anda dapat terkontrol dan juga lebih stabil.

Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

  • Minyak Terhidrogenasi

Makanan selanjutnya yang harus dihindari yakni minya terhidrogenasi maksudnya minyak yang diolah melalui proses kimiawi dimana dalam prosesnya mengubah minyak nabati yang cair menjadi padat. Dalam prosesnya, minyak ditambahkan ion hidrogen menggunakan temperatur dan tekanan yang sangat tinggi. Minyak yang terhidrogenasi banyak ditemukan pada jenis makanan olahan pabrik seperti margarin, kue, permen, dan berbagai jenis makanan kemasan lainnya. Jenis makanan yang mengandung minyak yang terhidrogenasi dapat mengakibatkan peradangan dalam tubuh sehingga tubuh mengalami kelelahan. Lebih beratnya, minyak yang banyak masuk dalam tubuh bisa menjadi pemicu masalah kolesterol jahat. Untuk itu ada baiknya Anda menghindari atau mengurangi jenis makanan pabrikan supaya terhindar dari resiko kelelahan fisik dan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta kuat.

Dari sekian makanan yang dapat memicu kelelahan, gaya hidup juga bisa menjadi pemicu kelelahan dan kurangnya konsentrasi. Tidak hanya makan terlalu sedikit yang menjadi pemicu tubuh lelah, tetapi makan makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Makan dengan melakukan diet seimbang dapat membantu mengontrol kadar gula pencegah perasaan lesu. Maka dari itu, memperbaiki pola hidup dengan melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan ditambah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergisi, adalah peluang menjadikan hidup dan tubuh Anda jadi lebih produktif dan berkualitas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top