Travelling

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

Ada hal yang harus Anda ketahui sebelum melancong ke Machu Picchu, destinasi pegunungan populer.  Berada tinggi dan tersembunyi di balik pegunungan Peru, Machu Picchu seolah menghadirkan kembali nuansa selama berabad-abad silam. Machu Picchu adalah tempat wajib yang bisa dikunjungi para traveler dunia. Mengenal lebih dalam tentang destinasi ini, Machu Picchu sendiri adalah sebuah situs warisan dunia yang mengandung banyak misteri. Lebih dari satu juta pengunjung per tahunnya menyambangi situs ini. Namun, sebelum Anda memutuskan melancong ke Machu Picchu, ada beberapa hal wajib diketahui.

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

Sponsor: kezia skin expert

1. Waktu Terbaik

Ada waktu terbaik yang bisa dilakukan untuk mengunjungi Machu Picchu. Bulan-bulan sibuk yang bisa dikunjungi yakni antara bulan Juni-Agustus. Pada bulan tersebut, cuaca sedang kering sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan indah dari balik kabut pegunungan. Namun perlu diingat jika bulan-tersebut menjadi primadona banyak wisatawan sehingga wisata akan ramai karena banyak dikunjungi. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih bulan lain seperti di masa peralihan antara periode ramai dan periode sepi. Masa peralihat itu ada di bulan April, Mei, September, dan juga Oktober. Jika berencana melakukan traveling di bulan peralihan, pastikan tidak mengganggu masa kerja atau waktu sekolah.

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

2. Cari Trail dan Trek Alternatif Machu Picchu

Supaya lebih sampai dengan cepat ke Machu Picchu, incar trail atau trek alternatif. Anda bisa pilih 4 hari perjalanan melewati pegunungan yang ada di lokasi Machu Picchu, Peru. Tak masalah menggunakan rute ini Anda masih bisa menikmati dengan seksama bentangan alam disekitar gunung yang begitu indah. Namun jika tak ingin gunakan rute itu, bisa pilih rute trail yang lebih pendek dan cepat dijangkau. Misal dengan menggunakan trail berkapasitas 500 orang. Dan alternatif lain bisa menempuh jalur Slakantay dengan waktu tempuh lima hari. Bisa coba jalur Choqueqirao yang akan membawa Anda pada lokasi reruntuhan suku Inca. Jalur ini terbilang cukup tersembunyi sehingga jarang terjamah oleh pengunjung.

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

3. Paket Tur Machu Picchu

Saat ini ada banyak perusahaan tour internasional yang menawarkan beragam paket wisata ke Machu Picchu. Menurut National Geographic Expeditions, ada beberapa pilihan tour yang bisa dipakai. Jika ingin melakukan perjalanan lebih santai, bisa pilih situs yang menyajikan pilihan perjalanan ke Machu Picchu. Jangan khawatir, pasalnya kini ada banyak situs travel menyediakan jasa pelayanan perjalanan.

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

4. Merencanakan Kunjungan Sendiri ke Machu Picchu

Bagi Anda yang benar-benar berniat melancong ke Machu Picchu, pastikan telah merencanakan kunjungan. Buat daftar apa saja yang akan dipersiapkan seperti tiket pesawat, visa dan paspor, biaya transportasi ke Machu Picchu, biaya penginapan, makan dan kebutuhan selama liburan. Biasanya untuk menuju ke lokasi Machu Picchu, setelah sampai dari bandara setempat, ada pilihan kereta api untuk perjalanannya. Pilih angkutan bis setidaknya butuh sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi. Belilah tiket di pusat kota Machu Picchu Pueblo atau bisa coba berjalan kaki dari Pueblo ke Machu Picchu selama 90 menit lengkap dengan rute perjalanan menanjak. Dan untuk memasuki area Machu Picchu, siapkan dana untuk membeli tiket melalui situs pemerintah atau agen perjalanan. Tiket tidak bisa dibeli dengan cara spontan alias saat baru tiba ke situs.

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

5. Gunung Huayna Picchu dan Machu Picchu

Ada pilihan perjalanan menuju area situs. Pertama ada di Huayna Picchu dan berikutnya di Huchuy Picchu. Huayna Picchu adalah temlat cukup populer dan letaknya ada di gunung kecil depan Huayna Picchu. Perjalanan menuju puncak Huchuy Picchu membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Selain Huchuy Picchu, Huayna Picchu menyajikan trek perjalanan cukup lengkap dengan pemandangan lebih spektakuler. Anda bisa menemukan Kuil Bulan, Gran Caverna, hingga Gua Agung. Namun butuh waktu selama 1-2 jam untuk sampai. Selain dua are itu, ada area pendakian lain yang lebih spektakuler namun rute naiknya harus dilalui lebih dari 10.000 kaki.

Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

6. Hotel di Machu Picchu

Bagi para pelancong mancanegara, liburan ke Machu Picchu yak cukup dilakukan hanya sehari semalam. Untuk sampai ke lokasi saja dibutuhkan perjuangan, waktu, rasa lelah dan dana yang cukup. Untuk Amda yang ingin bermalam dekat situs Machu Picchu, bisa pilih Belmond Sanctuary Lodge yang letaknya hanya beberapa langkah dari pintu masuk utama lengkap dengan pemandangan matahari terbit dari balik pegunungan. Pilihan berikutnya ada di Inkaterra Machu Picchu Pueblo. Lokasi hotelnya berada di dekat air mancur dan pemandangan lain pegunungan. Hotel juga dekat dengan beberapa restoran dan stasiun kereta api yang cocok untuk pelancong. Kemudia hotel Casa Andina Standard atau Tierra Viva Machu Picchu juga bisa jadi pilihan yang ingin menyewa sebuah kamar nyaman lengkap dengan pemandangan sungai.

      Ketahui Sebelum Melancong Ke Machu Picchu

7. Tips Perjalanan ke Machu Picchu

Jika sudah memiliki persiapan lebih, saatnya Anda ketahui tips sebelum berada di lokasi situs. Pertama gunakan sepatu yang nyaman karena Machu Picchu adalah situs besar yang berbukit dan banyak tangga, jadi perlu memakai alas kaki untuk melindungi kaki. Jika perlu gunakan tongkat dengan ujung terbuat dari karet supaya tidak merusak lokasi reruntuhan. Kedua siapkan fisik karena cuaca di Machu Picchu bisa berubah dengan cepat sebab lokasinya berada di area pegunungan. Bawa juga topi, tabir surya, perlengkapan hujan atau lotion nyamuk. Ketiga, usahakan tidak makan dalam area reruntuhan dan pilih warung atau rumah makan di Belmond Sanctuary Lodge.

Keindahan Machu Picchu serasa tak ada tandingannya. Situs purbakala yang ada sejak berabat silam ini menjadi salah satu destinasi menarik. Semoga apa yang disampaikan diatas bisa menambah refrensi perjalanan Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top