Tips & Trik Parent

Jangan Sampai Kekurangan Nurtrisi! Ini Cara Ajak Anak Mau Makan Daging Di Pesta Idul Adha

Jangan Sampai Kekurangan Nurtrisi! Ini Cara Ajak Anak Mau Makan Daging Di Pesta Idul Adha

Cara mengajak anak mau makan daging. Mengkonsumsi daging terkadang membuat sebagian orang merasa khawatir akan bahaya kolesterol sehingga memilih pola vegetarian dan meninggalkan kebiasaan makan daging. Sejauh ini, daging adalah sumber energi, protein dan lemak yang baik untuk menambah masa otot dan kekuatan tubuh lainnya. Jika sudah memahami manfaat penting daging, lantas bagaimana cara membuat supaya anak mau makan daging? Permasalahan kerap kali muncul tak kala banyak anak yang menjauhi makan daging dengan alasan beragam. Padahal daging mengandung sejumlah manfaat.

 

 

cara mengajak anak mau makan daging

Sponsor: halo jasa

Kandungan penting daging keseimbangan bagi tubuh

Mengkonsumsi daging sapi atau kambing memberi asupan protein cukup besar sehingga penting dalam proses pembangun tubuh dan memperbaiki jaringan. Protein juga berperan dalam menguatkan sistem bodi agar tubuh tak mudah sakit serta kaya asam amino esensial. Daging adalah sumber mineral yakni zat besi, zinc, dan selenium yang berperan untuk pengontrol keseimbangan oksigen, jaringan dan mencegah masuknya zat kimia atau lemak ke dalam tubuh. Berikutnya, daging kaya vitamin yakni vitamin A, B dan D yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin untuk tulang, sistem saraf dan kesehatan kulit serta mental.

Alasan anak tak suka makan daging dan cara mengatasinya?

Ada alasan mengapa anak tdak suka makan daging khususnya daging sapi. Yakni karena rasa alot ketika dikunyah sehingga membuat anak sulit menelan dan akhirnya membuang kembali makanannya.

Jangan Sampai Kekurangan Nurtrisi! Ini Cara Ajak Anak Mau Makan Daging Di Pesta Idul Adha

  • Memilih alternatif lain selain daging

Menurut seorang pakar nutrisi bernama  Debby Demory-Luce, Ph.D, asal Baylor College of Medicine, Texas, untuk bisa membantu anak mau makan daging adalah dengan melakukan sikap yang tenang dan rasional. Tegas Debby, walaupun daging itu sumber zat besi dan protein orang tua bisa menggunakan cara lain untuk memberi zat tersebut melalui berbagai makanan lain seperti buah kaya protein, susu atau keju. Alternatif lain juga bisa diperoleh dari makanan seperti telur, tahu dan tempe, gandum, roti, sereal dan yogurt. Jika ingin menambahkan zat besi bisa konsumsi sayuran hijau, buah bit atau hati ayam. Atau bisa juga menerapkan pola ovo-vegetarian yakni menambah asupan protein dan zat besi bisa juga berkonsultasi lebih dahulu pada ahli gizi atau dokter anak.

cara mengajak anak mau makan daging

  • Buat daging menjadi olahan halus

Seperti yang sudah dijelaskan, alasan anak tidak suka makan daging karena teksturnya yang alot dan sulit ditelan. Hal ini bisa berdampak pada anak kesulitan anak mencerna daging dan mengunyah. Tetapi menurut seorang pakar gizi keluarga bernama Natalia Stasenko, R.D., orangtua bisa menarik selera anak makan daging dengan membuat olahan sederhana. Mengolah daging sekreatif mungki juga jadi pilihan. Misal membuatkan steak atau burger lengkap dengan aneka warna sayur. Atau bisa juga olah daging menjadi nuget, bakso, cornet atau tempura. Jangan lupa sajikan dengan cara sehat seperti menggunakan minyak zaitu jika ingin menggoreng daging atau dengan membuat sup bakso daging yang lezat. Supaya selera anak pada daging makin besar, tambah beberapa sendok saus tomat atau mayones agar citarasa daging lebih barvariatif.

Demikiancara mudah mengajak anak mau makan daging di rumah atau saat melakukan pesta idul adha. Jika Anda terkendala masalah masak, coba lakukan kursus memasak. Halo Jasa bisa jadi referesi mendapatkan ahli dalam mengolah masakan daging menjadi lebih kreatif, inovatif dan tentunya menyehatkan untuk buah hati anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top