Tips Kesehatan

Cara Mudah Jaga Kesehatan Pencernaan

Cara Mudah Jaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan merupakan organ dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya, karena pencernaan berguna sangat penting yaitu mencerna makanan yang masuk ke dalam perut serta mengambil nutrisinya dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Pola makan yang teratur serta gaya hidup sehat merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu ada beberapa cara lain untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Inilah cara mudah jaga kesehatan pencernaan Anda untuk hidup lebih sehat.

Sponsor: produk pemutih wajah

  • Memulai Hari Anda Dengan Minuman Yang Benar

Cara mudah yang pertama untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda adalah dengan minum minuman yang menyehatkan di pagi hari. Minuman menyehatkan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan adalah lemon yang dicampur dengan segelas air hangat. Dengan membiasakan mengkonsumsi air lemon hangat dipagi hari maka bermanfaat membuat tubuh menjadi lebih maksimal dalam menyerap nutrisi dari makanan. Selain itu air lemon hangat juga bermanfaat memudahkan makanan yang telah dicerna dikeluarkan dari pencernaan sehingga pencernaan menjadi lancar dan tidak terjadi penyumbatan.

  • Tetap Terhidrasi Dengan Cara Yang Benar

Terhidrasi adalah lawan dari dehidrasi, jika dehidrasi merupakan keadaan dimana tubuh mengalami kekurangan cairan maka terhidrasi adalah tercukupinya cairan di dalam tubuh. Air merupakan zat terpenting yang sangat dibutuhkan oleh pencernaan di dalam bekerja mencerna makanan. Untuk itu kebutuhan air haruslah dipenuhi agar tidak terjadi dehidrasi. Cara yang tepat untuk memnuhi kebuttuhan cairan tubuh yaitu dengan meminum air putih secara teratur setiap hari. Hal ini lebih bermanfaat dan menyehatkan dari pada meminum air dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat atau bersamaan.

  • Konsumsi Makanan Yang Tinggi Kandungan Air

Makanan yang banyak mengandung air juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda. makanan jenis ini biasanya didominasi oleh buah dan sayur. Buah dan sayur bukan hanya kaya akan nutrisi di dalamnya akan tetapi juga kaya akan kandungan serat serta air di dalamnya sehingga jika rutin dikonsumsi setiap hari bukan hanya kesehatan badan yang di dapatkan akan tetapi kesehatan pencernaan juga akan terjaga. Anda pun disarankan untuk konsumsi makanan dengan serat larut atau tak larut seperti gandum, oat, sayuran, dan biji-bijian.

  • Konsumsi Buah Unik si Pisang

Ada beberapa jenis buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi agar kesehatan pencernaan daopat terjaga dan salah satu buah tersebut adalah pisang. Pisang kaya akan kandungan Vitamin B6, Magnesium, dan Kalium. Selain beberapa nutrisi tersebut buah pisang juga bermanfaat mencegah kembung serta menjaga kesehatan pencernaan sebab terdapat mineral penting dalam pisang yang berperan dalam proses transmisi ke otak sehingga membantu mengurangi stres penyebab pencernaan terganggu juga membantu mengatur tingkat air dalam tubuh kita.

  • Makan Secara Sadar

Makan secara sadar adalah cara memakan suatu makanan dengan cara yang sadar, santai, dan tidak terburu-buru. Makan dengan terburu-buru bukan hanya menyebabkan tersedak akan tetapi juga mengkibatkan banyaknya udara yang masuk ke dalam perut. Untuk menghindari hal yang demikian ada baiknya Anda ketika makan tidak terburu-buru dan makan secara perlahan-lahan agar makanan dapat dikunyah secara halus sehingga pencernaan menjadi terjaga kesehatannya. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi daging lebih disarankan pilih daging tanpa lemak yang bisa menyebabkan ketidak nyamanan pada pencernaan.

  • Lakukan Yoga Sedikit

Tidak dipungkiri lagi yoga merupakan olahraga yang banyak bermanfaat bagi kesehatan badan, melakukan yoga juga dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan karena peredaran darah menuju pencernaan menjadi lancar dan menghindarkan Anda dari berbagai macam masalah pencernaan. Yoga sendiri adalah bentuk latihan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, kekuatan tulang, mampu mengatasi stress dan depresi sekaligus baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Manurut Saul David Raye seorang praktisi pengobatan khas India dan Thailand, ada pose yoga yang bisa membantu memperbaiki keshatan pencernaan yaitu Deep Toe Bend yaitu mampu melepaskan energi yang tersumbat di daerah kaki, meningkatkan aliran energi serta membantu pencernaan lebih lancar. Pose kedua adalah Foot Cross dimana pose ini mampu melancarkan aliran energi dari bawah telapak kaki.

  • Berikan Pijatan Pada Perut

Cara terakhir adalah memberikan pijatan kepada perut. Pijatan ini dilakukan secara perlahan-lahan dan lembut merata pada bagian perut sampai pinggul dan dada. Pijatan ini bermanfaat melancarkan peedaran darah serta merelaksasikan otot-otot yang kaku dan tegang pada bagian perut. Menurut Journal of General Internal Medicine, memijat perut dapat membantu feses keluar lebih mudah tanpa menimbulkan efek samping. Pijatan di daerah perineum bisa mengendurkan perut yang efeksnya sama seperti ibu hamil yang memijat area miss V sehingga membuatnya lebih rileks. Partisipan dengan masalah sembelit diminta melalukan area perineum dan hasilnya, peserta mengatakan jika metode ini membantu melunakkan feses sehingga mudah keluar.

Demikian beberapa manfaat penting menjaga kesehatan organ pencernaan kita untuk hidup bebas penyakit. Organ pencernaan adalah salah satu sumber dari munculnya penyakit dari yang ringan hingga berbahaya. Oleh sebab itu, melindungi organ penting tersebut, dapat membuat tubuh tetap sehat lebih lama.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top