Tips

Cara Alami Mengobati Polip Hidung

Cara Alami Mengobati Polip Hidung

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Tumbuhnya polip pada bagian hidung tersebut, berupa jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya. Sinus adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah. Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung sehingga menyebabkan hidung terasa tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Terdapat cara mengobati polip hidung, untuk meminimalkan pertumbuhan polip atau mengurangi efek penyumbatan saluran hidung karena polip. Berikut ini ulasan cara pengobatannya dengan menggunakan bahan-bahan alami menghasilkan ramuan yang bisa dikonsumsi, antara lain:

  1. Bahan-bahan yang akan digunakan adalah 5 buah jeruk nipis yang diambil airnya, jahe yang sudah dikeringkan secukupnya, daun sirih 10 lembar, daun serai 6 lembar, cengkeh 20 butir dan air 2 liter.

Bahan-bahan setelah dibersihkan dilanjutkan dengan pengolahan. Cara pembuatannya dilakukan dengan proseses perebusan semua bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 2 gelas. Air rebusan tersebut kemudian diangkat dan disaring, lalu diminum secara teratur 2 kali sehari dengan dosis per minum sebanyak 1 gelas. Untuk hasil maksimal ramuan diminum secara teratur.

  1. Bahan-bahannya yang harus disiapkan sebagai ramuan terdiri dari daun cemara, kunyit, daun sirih serta air secukupnya.

Bahan-bahan yang ada dibersihkan dengan dicuci. Cara pembuatannya yaitu dengan memarut kunyit terlebih dahulu. Kemudian parutan kunyit tersebut dicampurkan dengan daun sirih, daun cemara dan air. Setelah itu, campuran tersebut direbus hingga mendidih. Air ramuan rebusan diangkat dan dituangkan dalam wadah. Penderita polip menghirup uap ramuan tersebut, bisa dilakukan 2 kali dalam sehari pagi dan sore. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ramuan ini bisa dihirup dengan cara teratur.

  1. Bahan-bahan yang harus disediakan adalah daun sambiloto 15 gram, temu putih 50 gram serta air 700 cc.

Cara pembuatannya diawali dengan membersihkan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu dengan dicuci sampai bersih. Lalu bahan tersebut dicampurkan dan direbus hingga mendidih. Air ramuan tersebut dibiarkan sehingga airnya menjadi tersisa setengahnya. Setelah itu diangkat dan air rebusan disaring. Penderita polip hidung meminum air ramuan tersebut untuk sehari, diminum dua kali. Agar diperoleh hasil yang maksimal, perlu dilakukan dengan cara teratur dalam meminum ramuan ini.

  1. Bahan yang akan digunakan dan disiapkan berupa daun sirih merah secukupnya.

Terlebih dahulu daun sirih merah ini dicuci hingga bersih. Cara membuatnya daun sirih merah ditumbuk sampai halus. Setelah itu disiapkan kapas, dipipihkan hingga datar lalu tumbukan tadi dibalurkan di atas kapas. Kapas tersebut kemudian digulung seperti rokok tetapi masih ada lubang di tengah kapasnya. Cara pengobatan polip hidung ini dilakukan dengan memasukkan gulungan kapas tersebut ke dalam lubang hidung. Hidung harus dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya. Gulungan kapas ini dibiarkan sampai beberapa saat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, cara ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan dilakukan dengan teratur.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top