Parenting Info

7 Hal Penyebab kelahiran premature Ini Wajib Untuk Bunda Waspadai

Salah satu kondisi kehamilan yang harus diwaspadai dan dihindari oleh bunda adalah adanya persalinan premature. Persalinan premature adalah persalinan yang terjadi padahal belum memasuki usia kehamilan minggu ke-37 ataupun ke-38. Kelahiran premature memang menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebab hal ini bisa saja menyebabkan berbagai hal yang akan merugikan bunda. Kondisi kehamilan premature menjadi kondisi yang sangat mengkhawatirkan dan memerlukan perhatian khusus baik itu pada ibu ataupun pada bayi. Kondisi ini menjadikan ibu harus menghadapi resiko komplikasi medis khususnya pada kondisi pernapasan sehingga akan menjadi kondisi yang sangat memerlukan perhatian khusus.

Sponsored: kezia skin expert

7 Hal Penyebab kelahiran premature Ini Wajib Untuk Bunda Waspadai

Kelahiran yang premature bukanlah hal yang tidak bisa dihindari, asalkan tahu tentang Penyebab kelahiran premature bunda bisa langsung menghindari sehingga menekan adanya kelahiran yang premature. Ada banyak sekali factor dan juga penyebab yang bisa menjadikan ibu mendapatkan kelahiran premature dari anak yang dikandung. Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya untuk menjaga kehamilan dengan baik dan tentunya menghindari berbagai penyebab dari kelahiran premature. Berikut ini 7 penyebab kelahiran premature yang wajib untuk bunda hindari demi bayi yang lebih sehat.

  1. Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Merokok dan mengkonsumsi minuman yang beralkohol menjadi penyebab utama terjadinya kelahiran premature. Tak hanya itu saja, kecanduan akan obat terlarang juga menyebabkan seseorang memiliki resiko premature bahkan keguguran yang cukup tinggi. Kandungan dalam rokok dan juga alcohol yang bisa menjadi racun dalam tubuh yang menumpuk tentunya juga akan sangat membahayakan bayi sehingga kandungan menjadi tidak stabil. Kondisi ini juga mempengaruhi kondisi ibu yang pastinya juga akan membuat ibu menjadi kekurangan nutrisi yang berguna untuk membuat janin tetap dalam kondisi yang sehat.

  1. Adanya Masalah Pada Rahim atau Leher Rahim

Masalah lain yang juga bisa menyebabkan masalah pada kondisi kelahiran adalah masalah yang ada pada rahim ataupun leher rahim. Rahim dan juga leher rahim yang mengalami masalah seperti rahim atau leher rahim yang terlalu besar atapun struktur yang tidak normal bisa menjadi satu penyebab terjadinya kelahiran premature yang terjadi pada bayi dan ibu. Untuk mencegah hal ini ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala demi kondisi rahim dan juga kandungan yang baik.

  1. Jarak Kehamilan yang Dekat

Seorang ibu yang mengalami kehamilan dan jarak tak kurang dari 18 bulan akan lebih berisiko untuk mengalami kelahiran yang premature. Menurut data juga bisa dijelaskan bahwa 20% dari wanita yang sudah hamil lagi dengan jangka waktu tak lebih dari satu tahun akan mengalami dan beresiko tinggi untuk mengalami persalinan premature. Masa kehamilan yang terlalu singkat dan terlalu dekat antara satu dengan yang lain akan memicu usia kehamilan untuk anak yang selanjutnya tak lebih dari 37 minggu.

  1. Infeksi Gusi

Masalah pada gusi dan menyebabkan infeksi gusi juga harus menjadi satu masalah khusus yang harus bunda perhatikan ketika masa kehamilan. Gusi yang mengalami infeksi bisa saja mempengaruhi hormone kehamilan dimana adanya zat atau bakteri yang kemudian masuk ke dalam darah yang kemudian mengenai janin. Selain itu, kondisi infeksi gusi juga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang ada pada diri bunda sehingga semakin meningkatkan resiko inflamasi pada tubuh. Dengan adanya kondisi ini tentunya juga menyebabkan bunda semakin mudah untuk mengalami persalinan premature.

  1. Stress

Stress mungkin saja menjadi hal yang lumrah untuk dihadapi oleh seorang ibu yang sedang mengandung janin. Stress terjadi karena pada bunda yang sedang megandung mengalami perubahan hormone yang kemudian bisa menimbulkan perasaan yang mudah tertekan dan mudah untuk stress. Stress yang terlalu berlebih dan dirasakan secara terus menerus tanpa ditekan atau diminimalisir juga bisa memicu kondisi seorang ibu untuk terus mengalami tekanan hingga menyebabkan kontraksi yang terlalu dini. Hal ini tentu saja jika bunda tidak mengambil langkah tepat juga akan menimbulkan komplikasi pada janin sehingga bisa saja sampai menyebabkan kelahiran premature.

  1. Hamil di Usia Muda

Kelahiran premature juga banyak terjadi oleh seorang ibu yang masih dalam usia muda ketika mengandung. Umur yang paling renta untuk terkena resiko melahirkan secara premature pada bayi adalah usia 17 tahun hingga 35 tahun. Meskipun tidak selamanya selalu menyebabkan bayi yang lahir secara premature, namun jika bunda masih dalam usia yang muda ini tentu harus menerapkan penanganan yang baik untuk mendapatkan hasil terbaik untuk kehamilan dan juga persalinan bunda.

  1. Komplikasi Kehamilan

Masalah tentang kelahiran premature juga bisa terjadi karena adanya komplikasi atau gangguan pada kehamilan. Hal ini bisa saja menjadi satu masalah yang juga menyebabkan masalah pada kehamilan dan menyebabkan kelahiran premature. Berbagai penyakit seperti preeclampsia, gestational diabetes, dan juga ketuban yang pecah adalah masalah yang mungkin timbul hingga menyebabkan kelahiran yang premature.

Dengan melakukan berbagai pencegahan terutama untuk menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan persalinan yang premature. Dengan mengetahui berbagai hal yang menjadi penyebab dari kelahiran premature ini pastinya akan membuat anda bisa semakin mudah untuk menghindari segala penyebabnya. Kelahiran yang lebih sehat pun bisa anda dapatkan dan membuat bayi anda menjadi lebih sehat lagi.

 

Baca juga: 6 Kalimat Ibu yang Tidak Boleh Dikatakan Untuk Anak-Anak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top